Gus Mus: Orang yang Berhenti Belajar, Jadi Ustadz yang Meresahkan Umat

Gus Mus

Khilafah.id – K.H Mustofa Bisri menyebutkan bahwa salah satu hal yang perlu diteladani dari Gus Dur adalah tidak pernah berhenti belajar.

“Mengapa Gus Dur lain dari pada yang lain. Beliau istiqamah belajar,” ujar Gus Mus dalam penutupan Temu Nasional (Tunas) Jaringan Gusdurian 2022 di Asrama Haji Surabaya (16/10/22).

Menurut Gus Mus, berdasarkan pengamatannya, beberapa orang yang baru lulus sekolah atau pesantren lalu berhenti belajar. Saat menjadi ustadz, akhirnya malah meresahkan umat.

“Banyak yang baru Aliyah berhenti belajar, akhirnya jadi ustadz yang meresahkan umat,” lanjut Gus Mus.

Gus Mus juga bercerita bahwa ia sering dicuekin Gus Dur saat di Mesir karena presiden ke-4 itu sering membaca buku.

”Saat menunggu bus, Gus Dur membawa buku untuk dibaca. Pokoknya nggak berhenti sebelum titik. Saya baru diajak ngobrol setelah titik,” ujar Gus Mus.

Akibat sering dicuekin itu, Kata Gus Mus, ia rajin membaca setelah terpengaruh Gus Dur. Jika Gus Dur mengajaknya bepergian, Gus Mus pun mulai membawa buku dan melakukan hal yang sama dengan Gus Dur.

Gus Mus berpesan, jika ingin mengikuti Gus Dur, maka Gusdurian juga perlu terus belajar.

M Alvin Nur Choironi, Alumni Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Redaksi Khilafah.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Meneguhkan Kesaktian Pancasila untuk Memberantas Radikalisme

Rab Okt 19 , 2022
Khilafah.id – Hari Lahir Pancasila diperingati pada 1 Juni, sedangkan tanggal 1 Oktober adalah peringatan sebagai hari kesaktian Pancasila. Sebenarnya apa peran Pancasila hingga ditetapkan sebuah hari sebagai hari kesaktian Pancasila. Sehari sebelum ditetapkannya sebagai hari kesaktian Pancasila, terdapat sebuah peristiwa pemberontakan yang menginginkan merubah ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis. […]
Kesaktian Pancasila